Langsung ke konten utama

Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya

Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang  Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya




Abstract

New media is a term used to distinguish it with the old media. The lines between new media with old media is difficult to determine with certainty because it depends on someone’s perspective. 
The Internet can be considered as the beginning of the new media era because the Internet is very different from the previous media. 

At the beginning, the application on the Internet only Website and e-mail. After that came a variety of new applications or new media such as blogs, social networking sites, video sharing sites, online gaming, video conferencing and others. 

This article limits the utilization of the Internet in politics, business, education and sociocultural. The reason is that these four areas has been utilizing almost all the new media on the Internet.

Key words: new media, internet, utilization, social networking sites, online.


Pendahuluan
Munculnya istilah new media sangat terkait erat dengan hadirnya Internet di dunia ini. Sekalipun dalam perkembangannya new media tidak hanya terbatas kepada Internet namun Internet merupakan alat atau media yang paling dominan dalam era new media. Seperti dikatakan oleh Flew (2005:4),”The Internet represents the newest, most widely discussed, and perhaps most significant manifestation of new media.” Internet memang sangat fenomenal karena pada era telepon kabel dahulu tidak terbayangkan pada masa depan kabel-kabel telepon tersebut dapat memunculkan gambar, tidak hanya suara. Dan nyatanya Internet pun berkembang terus, awalnya internet dimanfaatkan untuk email dan situs, kemudian dimanfaatkan untuk blog, situs jejaring sosial, situs berbagi video, televisi internet, konferensi video, game online dan lain-lain. Internet juga tidak lagi mengandalkan kabel telepon melainkan sudah menggunakan teknologi Wireless Fidelity (wifi). Laptop generasi sekarang sudah dilengkapi fasilitas wifi dan area hot spot semakin banyak sehingga semakin mudah bagi seseorang untuk menjelajah Internet.
jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.77

Pendek kata, Internet telah menyatukan dunia seakan-akan dunia tidak mempunyai batas lagi. Apabila dulu seseorang di Indonesia mengirim surat ke seseorang di Amerika Serikat butuh waktu dua-tiga minggu hingga surat itu diterima, sekarang ini lewat email atau situs jejaring sosial surat elektronik itu langsung diterima oleh yang bersangkutan. Internet juga sudah dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis sehingga seseorang dapat melakukan belanja atau transaksi online lewat Internet. Internet telah mengubah banyak hal dalam kehidupan umat manusia. Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di sebagian besar belahan bumi.

Menurut Flew (2005 : 3), ” the idea of new media captures both the development of unique forms of digital media, and the remaking of more traditional media forms to adopt and adapt to the new media technologies.” Dalam hal ini beberapa pakar sepakat bahwa istilah new media digunakan untuk membedakan dari media lama atau media tradisional yang lebih dahulu ada. Misalnya, koran pada puluhan tahun silam berbentuk lembaran kertas dimana orang harus membeli atau berlangganan untuk mendapatkannya maka sejak adanya Internet, koran sudah banyak yang disajikan secara online lewat internet. Contoh lain, dulu orang berkirim surat melalui pos tetapi sekarang dapat melalui email. Tidaklah mudah menggolongkan suatu media ke dalam new media karena sulit untuk membedakan batasan antara old media dan new media. Sebagai contoh, Laser Disc (LD) dianggap kuno dibandingkan VCD, maka VCD dianggap sebagai new media namun VCD dianggap kuno dibandingkan DVD maka pertanyaannya apakah VCD termasuk old media? Sulit untuk menjawabnya.

Meskipun demikian beberapa media yang umum dianggap sebagai new media adalah Internet dengan begitu banyak aplikasinya seperti situs, email, blog, situs jejaring sosial, situs berbagi video, game online, e-books, koran online dan lain sebagainya. Di luar Internet dapat dimasukkan antara lain; DVD, komputer multi media, handphone, SMS. Wikipedia, ensiklopedia gratis di Internet bahkan menyatakan contoh yang paling tepat dijadikan new media adalah situs Wikipedia. ”Wikipedia, an online encyclopedia, is one of the best examples of the new media phenomenon, combining Internet accessible digital text, images and video with web-links, cre-ative participation of contributors, interactive feedback of users and formation of aparticipant community of editors and donors.”

Internet sebagai new media pada prinsipnya dapat dimanfaatkan oleh siapapun dan untuk kepentingan apapun. Situs dapat dimanfaatkan untuk mencari pengetahuan sebagai bahan pelajaran ataupun tulisan namun situs juga seringkali menampilkan gambar-gambar porno yang dapat merusak akhlak manusia terutama anak kecil karena sekarang sudah banyak anak kecil yang mahir bermain Internet. Akan tetapi semua itu dikembalikan kepada pengguna Internet yang sebagian besar masih memanfaatkan Internet untuk hal-hal yang positif. Dengan pertimbangan sangat banyak bidang yang memanfaatkan new media Internet maka dalam tulisan ini akan dibatasi dalam bidang politik, bisnis, pendidikan dan sosial budaya dimana keempat bidang ini berkaitan erat dengan media-media atau aplikasi yang terdapat di Internet.
jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.77



Pemanfaatan Internet di Bidang Politik
Internet dianggap sebagai awal dimulainya era new media diungkapkan oleh Owen (2008:1),” The new media environment and the rise of the Internet have had important implications for presidential communication. As the first chief executives of the new media era, President Bill Clinton and George Bush have established an online presence through the White house Website, www. whitehouse.gov. New media yang dimaksud adalah situs resmi Gedung Putih yang dapat terwujud karena hadirnya Internet.

Bidang politik merupakan bidang yang butuh publisitas sehingga Internet merupakan media yang banyak digunakan dalam hal promosi dari seorang tokoh politik ataupun partai politik. Media Internet pada umumnya digunakan untuk publisitas politik secara paralel dengan media tradisional atau konvensional. Tokoh politik atau partai politik akan memanfaatkan semua media yang dianggap potensial dalam meningkatkan popularitas tokoh ataupun partai politik tersebut. Penggunaan media oleh tokoh politik dan partai politik dikenal dengan istilah Komunikasi Politik. Komunikasi politik mencakup penggunaan media oleh pemerintah dan partai politik guna mendapat dukungan pada saat pemilihan umum atau juga di luar pemilihan umum (Riaz: 2010:2). 

Internet dimanfaatkan utamanya untuk menunjukkan bahwa tokoh ataupun partai politik tersebut ”melek Internet” dimana mereka berusaha menjaring pendukung, simpatisan, teman yang berasal dari kalangan masyarakat yang sering menggunakan Internet.

New media Internet yang paling sering digunakan oleh tokoh politik baik di Indonesia maupun di luar negeri adalah situs jejaring sosial. Situs yang paling populer adalah Facebook dan Twitter, selain itu juga ada MySpace yang populer di Amerika Serikat, Friendster yang sudah kurang populer dan Linkedin. Pada masa kampanye Pilpres Indonesia tahun 2009 salah satu calon Wapres Prabowo Subianto memanfaatkan Facebook untuk menggalang dukungan bagi dirinya. Prabowo mendapat banyak ”friends” atau pendukung sehingga sempat memunculkan masalah karena akun Facebook Prabowo menjadi melebihi kapasitas sehingga mendapat Email Notifikasi dari (komputer) pengelola Facebook. Meskipun media promosi Capres dan Cawapres pada saat itu tetap didominasi media tradisional seperti iklan di televisi dan surat kabar, spanduk, pamflet, baliho dan yang lainnya namun ketiga pasang Capres dan Cawapres yaitu SBY-Boediono, Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto juga mempromosikan dirinya melalui koran online detik.com lewat foto-foto ketiga pasangan tersebut ditambah gambar bendera partai yang mendukung mereka.

Manfaat dari new media Internet pada masa kampanye jabatan politik seperti Pil-pres diakui oleh kubu Barack Obama pada saat Obama berhasil memenangi jabatan Presiden tahun 2008. Dalam artikel resensi buku berjudul Communicator-in-Chief: How Barack Obama Used New Media Technology to Win the White House yang ditulis oleh Jarvis (2010:1) disebutkan bahwa situs untuk kampanye Obama mengorganisasi lebih dari seratus lima puluh ribu kegiatan, menciptakan lebih dari tiga puluh lima ribu kelompok, memiliki lebih dari 1,5 juta akun dan mendapatkan lebih. jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.79

Pemanfaatan Internet dalam Bidang Bisnis
Pemanfaatan Internet dalam bidang bisnis dibagi menjadi dua bagian yaitu bisnis online dan pemasaran.

1. Bisnis Online
   Internet juga dapat dijadikan media untuk melakukan bisnis, maka kemudian berkembanglah apa yang dikenal dengan istilah bisnis online. Dengan bermodalkan sebuah situs yang dirancang untuk bisnis online maka bisnis yang dilakukan melalui dunia maya sudah dapat berlangsung. Peluang bisnis non konvensional ini langsung direspon oleh banyak pihak, ada pihak yang memang serius terjun ke bisnis online namun banyak juga yang sekedar mencoba-coba. Bisnis online yang tumbuh mulai dari skala kecil sampai skala besar. Di antara perusahaan yang sukses mendunia melakukan bisnis lewat internet adalah amazon.com yang sering dijadikan contoh
ideal kesuksesan dari sebuah bisnis online.

Bisnis online melalui Internet pada dasarnya merupakan bisnis yang menjanjikan mengingat pasarnya adalah pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia. Namun dalam prakteknya banyak kendala yang menghambat perkembangan bisnis online. Pertama, masalah keamanan dalam melakukan transaksi online. Masih banyak orang yang ragu apakah transaksi pembayaran kartu kredit yang dilakukannya benar-benar aman? Meskipun situs bisnis online tersebut sudah menggunakan sistem pengamanan yang canggih seperti SSL Secure namun tidak dapat seratus persen meyakinkan konsumen bahwa transaksi telah berlangsung dengan aman Sepuluh tahun silam, marak sekali terjadi kejahatan kartu kredit yang dikenal dengan istilah carder ). 

Dalam kasus carder, Indonesia masuk peringkat atas dunia karena banyak pelakunya yang berdomisili di wilayah Indonesia dan beberapa orang berhasil diringkus oleh polisi. Sejak saat itu pula banyak situs bisnis online menolak transaksi pembayaran kartu kredit dari Indonesia. Toko buku online amazon.com memang menerima pembayaran melalui kartu kredit asal Indonesia namun menolak mengirim barang ke wilayah Indonesia. Kedua, meskipun pengguna Internet terus meningkat pesat namun hanya sebagian kecil saja yang menjadi pasar potensial dalam bisnis online. Kebanyakan pengguna Internet sekarang lebih memilih aktif di situs jejaring sosial, bermain game online atau sekedar browsing ke situs di sana sini. Pada dasarnya bisnis online memang tidak cocok untuk semua jenis bisnis jadi kalau banyak pelaku bisnis online yang gagal wajar saja. Selain itu sebagaimana prinsip dasar bisnis maka bisnis online juga harus dikelola secara sungguh-sungguh. Pada sekitar pertengahan tahun 1990-an di Indonesia mulai muncul situs belanja eceran online, salah satunya dikelola oleh mantan aktris terkenal Lenny Marlina. Pada awalnya situs tersebut mampu menjaring konsumen cukup banyak namun kemudian situs itu djual ke pihak lain dan tidak jelas keberadaannya sekarang. Tahun 1999 juga pernah ada toko buku online yang bernama sanur.com namun sekarang juga tidak terdengar lagi namanya. Kalaupun ada situs bisnis online yang cukup baik pada umumnya itu adalah perusahaan yang basisnya adalah bisnis konvensional. Sebut saja, bhinneka.com (bisnis barang elektronik) dan gramediaonline.com (toko buku). 

Kekurangan dari situs bisnis online di Indonesia yang menjual produk adalah hampir semua situs bisnis online tersebut belum mampu menyediakan fasilitas pembayaran lewat kartu kredit sebagai salah satu ciri bisnis online. Pembayaran biasanya dilakukan dengan cara konvensional seperti transfer sehingga situs bisnis online lebih berperan sebagai tempat memesan barang. Jenis bisnis online yang benar-benar menikmati manfaat dari Internet adalah situs-situs forex online seperti interbank.com, asiafxonline.com, forex.com dan betting and gambling misalnya ladbrokes.com, bet365.com, mansion.com. Kabarnya pemilik mansion.com adalah pengusaha Indonesia setelah memperoleh uang yang sangat banyak dari hasil menjual pabrik rokoknya. Bisnis online jenis ini meskipun pasarnya lebih terbatas namun perputaran uangnya dalam jumlah yang sangat besar.

2. Pemasaran
   Peranan Internet dalam dunia bisnis yang sangat signifikan adalah berubahnya konsep pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan mulai memanfaatkan Internet sebagai ajang promosi ke seluruh dunia dengan membuat sebuah situs resmi perusahaan. Situs perusahaan umumnya menampilkan company profile, produk yang dijual dan berita menyangkut aktivitas perusahaan. Perusahaan juga menyediakan fasilitas email bagi orang yang hendak menghubungi perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar bahkan perusahaan yang lebih kecilpun memiliki situs karena membuat sebuah situs tidaklah sulit dan biayanya relatif terjangkau. Yang membedakan adalah tampilan situs terebut dimana situs perusahaan besar biasanya dikelola secara khusus sehingga data dan tampilannya sering diperbarui. Internet juga dijadikan sebagai media untuk menggaet calon konsumen atau pelanggan. Caranya adalah dengan mengirim email dan newsletter yang dalam teori pemasaran Philip Kotler) merupakan contoh pemasaran langsung melalui Internet Salah satu jenis pemasaran yang memanfaatkan berbagai media yang ada di Internet adalah viral marketing atau pemasaran viral. Pemasaran viral adalah model pemasaran dari mulut ke mulut dengan menggunakan media Internet atau Internet Word of Mouth. Viral berati virus yang penyebarannya berlangsung dengan cepat. 

Datta et.al (2005 : 72) menjelaskan apa yang dimaksud dengan viral marketing, ”On the internet, viral marketing is a marketing technique that induces web sites or users to pass on a marketing message to other sites or users, creating a potentially exponential growth (like a virus) in the message’s visibility and effect” Media yang dapat digunakan dalam viral marketing yaitu email, blog, situs jejaring sosial dan situs berbagi video.

Berkaitan dengan situs jejaring sosial dan blog yang termasuk ke dalam media sosial, dikatakan oleh Philip Kotler dalam acara peresmian workshop Hyundai di Denpasar Bali sebagai berikut:”New marketing is social media”. Lebih lanjut dikatakannya,” pola pemasaran lewat social media memungkinkan interaksi antara produsen dengan konsumen produknya. Hal yang tidak mungkin ditemukan bila menggunakan pemasaran dengan cara lama. Konsumen yang puas akan menyebarkan kepuasan itu ke teman-temannya. Ini tidak bisa dilakukan lewat iklan.” (Wijoseno,2011).

Dunia perbankan juga memanfaatkan Internet sebagai media untuk melayani nasabahnya yang dikenal dengan konsep Internet Banking. Bank-bank besar di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI, Permata sudah menyediakan layanan Internet Banking. Pada umumnya fasilitas yang disediakan oleh Internet Banking adalah transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa yang dilakukan dengan cara mendebet rekening nasabah yang bersangkutan. Paling tidak nasabah tidak perlu antri lagi di depan kasir bank seperti dahulu kala apabila hanya mentransfer atau membayar tagihan. Pengguna Internet Banking di Indonesia semakin banyak yang menyebabkan perputaran uang juga semakin besar sehingga Bank Indonesia rencananya akan membuat aturan baru mengenai penyelenggaraan Internet Banking yang lebih menjamin keamanan transaksi perbankan yang dilakukan.


Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan
Manfaat Internet sebagai new media juga sangat dirasakan oleh dunia pendidikan, utamanya pada level pendidikan tinggi. Bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri akan sangat mudah mencari informasi tentang PT di luar negeri yang diminatinya hanya dengan mengakses situs PT tersebut yang ada di Internet. Bahkan beberapa PT terkenal di luar negeri menyediakan fasilitas untuk mengunduh formulir pendaftaran. Konsep pendidikan konvensional banyak berubah setelah munculnya Internet. Model kuliah, perpustakaan, pembuatan tugas, pengisian rencana studi dan lain sebagainya sudah disesuaikan dengan apa yang dapat dilakukan melalui Internet. Sebagian besar PT di Indonesia sudah mengikuti perkembangan teknologi Internet yang diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan layanan yang disediakan oleh kampus seperti :

Situs resmi Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (PT) memiliki situs resmi yang dapat diakses oleh setiap pengguna Internet mengenai informasi yang dicari oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

Metode pengajaran Internet telah nyata mengubah metode atau cara pengajaran yang dilakukan oleh Dosen kepada mahasiswa.

Internet juga dijadikan media untuk program kuliah jarak jauh (distance learning) yang diselenggarakan oleh PT yang menyediakan perkuliahan jenis itu. Beberapa PT di luar negeri sering menawarkan program tersebut di Internet dan mungkin saja peminatnya banyak karena siapapun yang memenuhi syarat dapat menempuh program tersebut di negara manapun dia berada. Tentunya calon mahasiswa harus hati-hati dalam memilih PT yang dituju dengan mempertimbangkan reputasi PT penyelenggara kuliah jarak jauh tersebut.
jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.85

Manfaat Internet pada  Bidang Sosial Budaya
Riaz (2010:3) mengatakan,” Today, we are living in digital world where new media technology has changed the world. We all have been heavily influenced by new media technology. Wer all use internet for information and connection purpose. The advent of internet has drastically changed our life styles”. Internet sebagai new media dengan berbagai macam aplikasinya telah mengubah dunia. Gaya hidup dan perilaku masyarakat banyak dipengaruhi oleh Internet. Dampak dari Internet sangat terasa dalam bidang sosial budaya yang menyangkut kehidupan sehari-hari masyarakat. Beberapa aplikasi Internet yang populer dikalangan pengguna Internet dan adalah facebook, twitter, koran online, situs jejaring sosial, situs berbagi video, blog dll. 

Pada dasarnya situs jejaring sosial adalah sebuah media komunikasi yang melintasi batas negara karena menggunakan fasilitas Internet. Meskipun Facebook dapat dijadikan sebagai media bisnis atau pemasaran namun Facebook lebih berperan sebagai media sosial. Situs jejaring sosial dapat digunakan untuk:
1. Mencari teman lama atau saudara yang sudah putus komunikasi.
2. Menjalin hubungan dengan anggota situs lainnya.
3. Menggalang dukungan untuk orang-orang atau sesuatu hal tertentu.
  
     jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.86


Kesimpulan
Dalam pembahasan sudah dikemukakan bahwasanya Internet menjadi new media yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Hal tersebut dapat terjadi disebabkan oleh, pertama, pengguna Internet di seluruh dunia sangat banyak yang diperkirakan tahun 2011 ini berjumlah 2 milyar orang dan kedua, Internet menyediakan aplikasi yang sangat beragam yang memungkinkan orang melakukan bermacam kegiatan di Internet, sebut saja situs jejaring sosial, situs berbagi video, game online, blog, bisnis online, konferensi video, e-books, koran online, forum chatting online, milis dan lain sebagainya. 

Internet telah dimanfaatkan oleh semua ilmu pengetahuan dan oleh karenanya berkaitan dengan banyak bidang kehidupan manusia. Dalam tulisan ini pemanfaatan Internet dibatasi dalam bidang politik, bisnis, pendidikan dan sosial budaya. Pertimbangannya adalah karena berbagai new media yang ada di Internet hampir semuanya telah dimanfaatkan oleh keempat bidang tersebut. Pemanfaatan yang dimaksud adalah untuk tujuan positif meskipun dalam prakteknya Internet digunakan juga untuk tujuan negatif oleh sebagian kecil pengguna Internet. 

Beberapa new media di Internet seperti situs jejaring sosial dan situs berbagi video sering kali mempengaruhi gaya hidup pengguna Internet dan bukan hanya itu, materi yang diunggah ke kedua media itu juga mudah sampai ke masyarakat luas misalnya melalui telepon genggam yang sebagian besar masyarakat sudah memilkinya. Internet merupakan bagian dari teknologi informasi yang terus akan berkembang sebagaimana yang sudah terjadi selama ini. Di masa depan pasti akan muncul new media yang akan menggantikan media yang ada sekarang yang nantinya akan bergeser sebagai old media. Siklus seperti ini akan terjadi selama peradaban manusia dengan Internetnya masih berlangsung.


Daftar Pustaka

Chung Tai Cheng. 2009. New Media and Event: A Case Study on the Power of the
Internet. Know Tech Pol, Vol.22.

Datta, Palto R.et.al. 2005, Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth through
Internet, The Business Review, Volume 3, No. 2.

Flew, Terry. 2005. New Media. Oxford University Press Inggried, Maria Natalia. 2011. Nazar Diingatkan Tak Sembarang Menulis.

Blog,’Kompas.http://nasional.kompas.com/read/2011/06/01/15373628/Nazar.
Diingatkan. Tak.Sembarang.Menulis.Blog.International Business Times. 2011. Facebook Country   Statistics Penetration Rank. 

Jarvis, Sharon E. 2010. Communication-in-Chief: How Barrack Obama Used New Media       Technology to Win the White House. Presidential Studies Quarterly, Vol. 40 Iss 4.

Khumaini, Anwar 2011. Di depan Pengusaha AS, SBY Banggakan Pengguna Twitter RI.http://www.detikinet.com/read/2011/05/04/135153/1632201/398/di-depan-pengusaha-as-sby banggakan-pengguna-twitter-ri.

Kristo, Fino Yurio. 2011. Riset Pengguna Facebook Lebih Mudah Bergaul. detikinet.
http://www.detikinet.com/read/2011/06/17/104224/1662326/398/riset-pengguna-facebook-lebih-mudah-bergaul?i991102105.

Owen, Diana dan Richard Davis. 2008. Presidential Communication in the Internet Era. Presidential Studies Quarterly, Vol.38 Iss.4.

Riaz, Saqib. 2010. Effects of New Media Technologies on Political Communication. Journal of  Political Studies, Vol.1 Iss.2.

Scott, David Meerman. 2007. The New Rules of Marketing and PR. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.85

Wijoseno, Gagah. 2011. New Marketing is Social Media. detikFinance.         http://www.detikfinance.com/read/2011/05/29/112500/1649442/4/philip-kotler-new-marketing-is-social-media.

William, Andrew Paul dan Kaye D. Trammel, 2005, Candidate Campaign E-mail Messages in the President Election 2004, The American Behavioral Scientist, Volume 49, Iss. 2



jabv8n1.tex; 19/04/2013; 14:04; p.91








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pengembangan Profesi Guru (File Lengkap)

BAB I PENDAHULUAN I.I  Latar Belakang Masalah      Guru adalah jabatan profesi, untuk itu seorang guru harus mampu melaksanakan tugasnya secara profesional. Seseorang dianggap profesional apabila mampu mengerjakan tugasnya dengan selalu berpegang teguh pada etika kerja, independent (bebas dari tekanan pihak luar),  cepat (produktif), tepat (efektif), efisien dan inovatif serta didasarkan pada prinsip-prinsip pelayanan prima  yang didasarkan pada  unsur-unsur ilmu atau teori yang sistematis, kewenangan profesional, pengakuan masyarakat dan kode etik yang regulatif. Pengembangan wawasan dapat dilakukan melalui forum pertemuan profesi, pelatihan ataupun upaya pengembangan dan belajar secara mandiri Sejalan dengan hal di atas, seorang guru harus terus meningkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran maupun kemampuan lain dalam upaya menjadikan peserta didik memiliki ke...

Logaritma

Soal -soal ringkasan dan pembahasan logaritma      1. Jika   2 log x = 3      Tentukan nilai x = ….             Jawab:               2 log x = 3    à   x = 2 3                                                                   x = 8. 2.  Jika   4 log 64 = x      Tentukan nilai x = ….             Jawab:               4 log 64 = x    à   4 x   = 64                     ...

Sosiologi

Soal Sosiologi SMA 1. Melalu belajar berpretasi, individu  akan menjadi anggota yang berpartisipasi penuh dalam masyarakat. Proses ini di namakan ? Sosialisasi 2. Kekuatan – kekuatan dalam diri individu yang menggerakan diri individu untuk berbuat sesuatu disebut ? motivasi 3. Akibat seorang  menonton film- film yang bertemakan kekerasan, dika bertingkah laku bertentangan dengan  norma- norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa media film berperan sebagai media ? sosialisasi subbudaya menyimpang 4. Preparatory stage mengacu pada proses sosialisasi pada masa... ? kanak- kanak 5. Yang  bukan termasuk tujuan dilangsungkannya proses sosilisasi adalah ? memampukan untuk mengendalikan fungsi – fungsi organik 6. Keluarga merupakan primary group karena....? merupakan kelimpok utama bagi individu 7. Proses sosialisasi primer  yang tidak sempurna antara lain disebabkan oleh ? terjadinya disintegrasi keluarga 8. Sosialisasi pertama yang di jal...